adsense

Adsense

Rabu, 02 Januari 2013

Fungsi-Fungsi Perusahaan Asuransi

Harus diakui perusahaan asuransi mungkin kalah populer dengan bank, setidaknya dilihat dari tingkat pengetahuan masyarakat tentang fungsi dan peranan kedua lembaga keuangan tersebut. Dalam perekonomian Indonesia pun, aset asuransi jauh lebih kecil dari aset perbankan nasional yang sudah menembus angka Rp 3000 Triliun seperti dapat dilihat pada Statistik Perbankan Indonesia yang dipublikasikan secara periodik oleh Bank Indonesia di sini.

Sebagai perusahaan, asuransi pun repatif sama dilihat dari fungsi-fungsi perusahaannya, misalnya ada bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian SDM, dll. Namun, selain itu, mengingat peran dan fungsi asuransi yang berbeda dibandingkan lembaga keuangan lainnya, tentunya ada fungsi-fungsi khusus yang hanya ditemui di perusahaan asuransi.

Sama halnya seperti bank, asuransi adalah lembaga keuangan yang mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat. Namun, kedua lembaga keuangan tersebut mempunyai perbedaan dalam jenis atau produk sumber dananya. Perbedaan itulah yang membuat perusahaan asuransi mempunyai nama-nama fungsi atau departemen yang berbeda dibandingkan lainnya. Namun, intinya bagian-bagian tersebut memang sebagai bentuk operasi perusahaan yang sesuai model bisnsinya masing-masing.

Lalu, apa saja fungsi-fungsi perusahaan asuransi yang secara khusus mencerminkan operasional pada perusahaan asuransi? 

Source  http://insurance.blog.gunadarma.ac.id/?p=1849#more-1849

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar